Tips Membuat Tripod Lebih Stabil

0

Tripod adalah salah satu perlengkapan fotografi yang mutlak untuk dimiliki, terutama untuk fotografi landscape. Tripod tidak hanya dapat memberikan keleluasaan dalam mengkomposisikan sebuah foto, juga dapat mengurangi efek goyangan yang sangat rentan terjadi karena fotografi landscape sering kali menggunakan kecepatan shutter yang rendah.

Namun sering kali seorang fotografer dihadapkan dengan kondisi dimana tripod pun tidak bisa memberikan jaminan kestabilan karena kondisi-kondisi tertentu misalnya angin kencang, dan lain-lain. Berikut beberapa tips untuk membuat tripod lebih stabil.

  • Pilih tripod yang kokoh dan tidak ringkih. Tentu saja yang paling pertama dipastikan adalah tripod yang dipilih cukup kokoh untuk anda gunakan dalam proses kreativitas anda.
  • Lepas neckstrap kamera atau aksesoris lain yang dapat bergoyang. Goyangan pada neckstrap kamera dapat mempengaruhi kestabilan tripod anda. Alternatif lain jika tidak ingi melepasnya, adalah dengan menempelkannya (atau diikat) pada tripod.
  • Posisikan center column tripod pada posisi terendah. Center column merupakan salah satu bagian yang paling tidak stabil pada tripod. Jangan naikkan jika benar-benar tidak diperlukan.
  • Gunakan pemberat. Pernah bertanya-tanya untuk apa kaitan besi di bagian bawah center column? Gunanya untuk menggantungkan pemberat (misalnya tas kamera) sehingga tripod lebih stabil.
  • Gunakan kaki tripod yang besar terlebih dahulu. Karena kaki yang lebih besar lebih stabil dibandingkan yang kecil.
  • Pilih ujung kaki yang tepat. Gunakan ujung karet untuk lantai yang keras, dan gunakan ujung besi yang runcing jika berada di tempat yang lembut seperti tanah atau pasir.
  • Matikan Image Stabilizer (IS, VR, VC) lensa. Percaya atau tidak, fungsi ini membantu mengurangi getaran jika memang terjadi getaran, namun saat kamera stabil (misalnya karena menggunakan tripod) fungsi ini malah dapat menyebabkan getaran yang tidak perlu.

Semoga bermanfaat!

Share.

About Author

Seorang Ayah, Project Manager, Computer Geeks, Travel Enthusiast, dan Fotografer. Saat ini berdomisili di Kuala Lumpur, Malaysia. Portfolio-nya bisa dilihat di Flickr atau 500px.

Comments are closed.