7 Element Dasar dalam Fotografi

0

Pernah bosan, terus kehilangan semangat buat motret karena ngerasa¬†“kok gitu2 ajah yah? Gak WOW gitu”
Gak usah khawatir, perasaan normal yg biasa datang di kita yg suka motret ūüôā

Nah daripada galau, kenapa gak kita coba “back to basic“? Mempelajari basic element dalam fotografi dan gimana mengkombinasikan dalam foto kita supaya bisa memberikan Wow Effect ke foto2 kita?

Basic element2 itu apa ajah sih? Yuk kita gali satu persatu..

1. Line and Curve (Garis dan Lengkung)
Manfaatkan garis dan lengkung dalam komposisi dan angle foto kita ternyata bikin foto kita lebih powerfull loh.. Kita bisa ajak mata viewer mengikuti garis2 dan lengkung menuju objek utama photo kita.

DSC_4498-Edit  linecurve

2. Symmetry (Simetri)
Menempatkan POI dalam foto kita sehingga sama porsi kiri dan kanan, atas dan bawah dalam prinsip simetri juga akan menjaga keseimbangan. Serunya, kita bisa ganggu keseimbangan itu dengan memunculkan satu objek yg bisa attracting mata si penikmat foto

sim

3. Framing (Pembingkaian)
Menempatkan POI dalam kerangka frame/bingkai tertentu sehingga viewer diarahkan langsung ke objek utama. Sementara bingkainya bisa apa ajah,pintu, gerbang, pepohonan, kisi-kisi atau bahkan orang sekalipun.
frame12  frame1

4. Reflection (Refleksi)
Sebenarnya mirip sama dengan simentri, tapi sifat refleksi unik yg kita bisa manfaatkan cermin kaca etalase misalnya, atau genangan air untuk menggandakan objek utama foto kita.
DSC_4016  reflek

5. Perspective 
adalah salah satu element dalam dasar komposisi yg bisa membantu memberikan efek “depth” (kedalaman) serta dimensi dalam foto. Misalnya dengan menempatkan objek foto kita dalam lorong, selasar, atau jejeran pohon di pinggir jalan.

perspektif1

perspektif

6. Silhouette (Siluet)
muncul jika sumber cahayaada di belakang onjek foto kita (objek berada di antara sumber cahaya dan kamera), sehingga detail objek itu hilang digantikan oleh shape bentuk dari objek foto tsb.
Dengan mengikutsertakan siluet di foto kita, bisa membentuk mood dan soul tertentu.

DSC_4335-Edit  siluet2

7. Shadow (Bayangan)
Jika pada siluet, objek utama foto itu sendiri hilang detailnya, pada elemen shadow (bayangan) adalah nentuk dari objek akibat cahaya yg jatuh terhalangi oleh si objek itu sendiri. Sama-sama hitam dan hilang detailnya, hanya bedanya pada siluet itu terjadi pada objek sementara shadow bukan pada si objek itu sendiri. Asiknya, kita bisa mengkombinasikan dengan element lain.
D03_3092-Edit

 

Nah, gimana? Sudah mendapatkan inspirasi akan motret apa hari ini? Dengan kembali ke dasar komposisi dan element, kita bisa menggali potensi foto WOW di sekitar kita. Kita jadi lebih “ngeh” untuk memunculkan the power of composition dan angle.

Karena kita percaya bahwa komposisi dan angle yg baik adalah kunci untuk mendapat foto yg bagus. Setuju?

Share.

About Author

Full time Engineer - Part time Photographer - based in Hamburg, Germany.

Comments are closed.